Announcement

Ketika harga komik naik lagi…

“Mbak, komik yang ini gak salah pasang harga ‘kan? Kok 25.000 sih, biasanya kan 22.000.”
“Maaf bu, harga buku ini benar 25.000, di sistem kami juga terpasang seperti itu. Sekarang lagi ada kenaikan harga, bu. Jika berkenan, silahkan melihat di situs resmi kompas gramedia, elex media, dan mnc-comics.”

Percakapan diatas ada yang alami gak pas masuk bulan September ini? Ada pasti ya. Kalo aku sih gak kaget pas liat harganya naik, soalnya pengumuman tentang penyesuaian harga komik sudah tersebar seminggu yang lalu di timeline facebook dan twitter, seperti punya fanpage m&c ini…

image_57bfdcdfe2403_penyesuaian_harga

Terus karena penasaran naik harganya berapa, aku pun masuk ke forum elex media dan mendapati pengumuman yang di post oleh admin di forum tersebut.

Dear LX-ers.

Terhadap perubahan harga kertas dan tarif percetakan, maka untuk mempertahankan kwalitas, komik akan mengalami penyesuaian harga per bulan September 2016. Penyesuaian ini mulai berlaku untuk jadwal terbit 7 September 2016. Jadwal terbit 31 Agustus 2016 adalah jadwal terbit terakhir yang menggunakan harga sebelum penyesuaian. Detil penyesuaian harga adalah sebagai berikut:

18.000 menjadi 20.000
20.000 menjadi 22.500
22.000 menjadi 24.000
23.000 menjadi 25.000

Di luar dari harga yang dicantumkan disini, akan disesuaikan dengan bertahap.

Medlineth (moderator at www.elexmedia.co.id/forum/)

Wah, naiknya 2 ribuan ya? Yah, bagi yang tinggal di jabodetabek dan sekitar jawa sih. Kalo di kotaku mah lebih naik lagi. **sedih** Komik terbitan elex media dan m&c sebelum penyesuaian ntuh harganya 22.000, jadi diperkirakan bakal naik jadi 24.000, dan ada beberapa komik terbitan m&c seperti Tokyo Ghoul dengan harga 33.000, kemungkinan harganya berubah jadi 36.000 atau bisa jadi 38.000. **pengen nangis** Lain lagi dengan komik terbitan level comics (komik kategori pembaca dewasa) yang semula harganya 24.000, mungkin bakal naik jadi 26.000 atau 28.000. **menghela napas sepanjang-panjangnya**

Ketika pengumuman ini disebar oleh fanpage penerbit elex media dan m&c, banyak komentar protes dan kritik dari para followernya. Protes karena harganya gak pas di kantong para anak sekolahan dan mahasiswa yang menyisihkan uang jajannya demi 1 komik favorit, apalagi jika komik itu berseri. Ada juga kritik yang ditujukan untuk penerbit komik tersebut yang mengomentari jika harganya naik sedrastis itu, kualitas komik juga harus naik, seperti pemilihan kertas yang baik, trenslet yang sesuai, penggunaan font untuk judul cover, dan lain sebagainya.

Oh ya, kalo mau dibandingin dengan harga komik di Jepang yang memang kualitasnya sangat wow, harga komik Indonesia masih bisa dikatakan murah. Kok bisa? Coba saja tanyakan yang pernah beli komik asli Jepang berapa harganya. Yap, harganya 75.000-an, itu belum termasuk harga bea cukai dan ongkos kirim ke Indonesia, yang bisa diperkirakan harganya sekitar 130.000-an/komik, dan jangan lupa harganya bisa naik bisa turun tergantung kurs Yen. Selain itu, ada beberapa komik Jepang yang dibundel dengan bonus gift yang harganya bisa sampai 300.000-an.

Karena kenaikan harga komik yang sepertinya sudah mulai menyobek dompetku, tapi tetap saja ya dikalap, aku pun berinisiatif seperti ini:

  • Tetap gunakan gramedia card/bca flazz card untuk transaksi, karena setiap komik terbitan elex media, level comics, dan m&c mendapatkan diskon member 10%.
  • Borong komik sebanyak yang dimau jika ada promo diskon besar-besaran yang diadakan oleh Kompas Gramedia (elex media, m&c, level comics), dan tetap dicek jika promonya bisa digabung dengan diskon member gramedia pada banner promo yang disebar oleh fanpage penerbit.
  • Memilah komik mana yang akan dilanjut dan yang bakal di drop sementara atau mungkin di drop selamanya. Kasus ini aku berlakukan bagi komik yang diketahui tamat di volume berapa, kecuali untuk komik seperti MAGI, Seraph of The End, Letter Bee, Tableau Gate, Natsume Yuujinchou, dll yang belum jelas tamatnya di volume berapa tapi karena tertarik dengan isi ceritanya akan tetap dilanjut belinya. Yang sudah aku drop lanjutnya itu seperti Attack on Titan (SnK), HoTD, dan The Breakers (manhwa).
  • Cek dan ricek jadwal terbit komik yang bisa dipantau di forum elex media, situs mnc-comics, dan fanpage kedua penerbit tersebut, supaya tahu komik mana saja yang akan dibeli, dan tidak kalap pas nyampe di toko buku, dan pulang-pulangnya menyesal.
  • Rajin baca sinopsis sebelum membeli komik (berlaku juga untuk novel dan buku yang lain). Kenapa? Karena terkadang sinopsis melenceng dari isi cerita. Sinopsis sangat keren dibaca, tapi pas dibaca dalamnya pengen robek isi bukunya. Yah, sama halnya dengan membeli buku karena cover-nya menarik. Ok… PLEASE DON’T JUDGE A BOOK BY ITS COVER!!! Gak selamanya cover cantik, dalamnya juga menarik. Malah cover yang biasa-biasanya, terkadang dalamnya LUAR BIASA.
  • Oiya, selain baca sinopsis, terkadang aku membaca scanlation dulu di situs-situs read manga online. Kalo menarik, apalagi isi ceritanya & art-nya saling mendukung, aku pun tertarik untuk membeli komiknya, itung-itung kontribusi sama mangaka-nya juga, hehe.
  • Terakhir dan mungkin kudu wajib dilakukan… MENABUNGLAH!!! Apalah hidup, jika tidak ada satupun buku yang kau baca. Karena itu, demi buku favorit, mau tidak mau sisihkan uang jajan, toh pas dibeli ada kesenangan yang sangat sangat mendalam, sampai-sampai buku tersebut diperlakukan seperti anak sendiri.

Nah, bagaimana dengan kalian? Ada yang mau berbagi tips, atau uneg-uneg soal kenaikan harga komik bulan ini? Monggo~~

Advertisements

2 thoughts on “Ketika harga komik naik lagi…

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s